8 Feb 2012

Harga Sebuah Kejujuran

sumber gambar download dari om google
Beberapa hari yang lalu Saya ngebrol ringan dengan seorang teman kantor, seperti biasa selepas jam kerja 05.30 wib sambil menunggu adzan Maghrib, Saya selalu ngopi-ngopi di warung depan kantor, kalau langsung pulang jalan masih macet bgt, dan Saya tidak akan sempat shalat maghrib secara jarak antara kantor ke rumah cukup jauh maka dari itu Saya biasanya shalat maghrib dulu di kantor baru pulang.
Singkat cerita ketika kami sedang asyik ngobrol, ada kata-kata teman Saya yang cukup membuat Saya senang, yakin dan bangga akan sebuah kejujuran, teman saya bilang " Suatu saat nanti pasti orang baik dan jujur itu pasti akan naik ke permukaan, akan tampil dan bersinar di antara kejahatan dan kebohongan".

Kalau kita perhatikan situasi dan kondisi saat ini di mana banyak terjadi kejahatan, permusuhan, amarah dan korupsi yang semakin merajalela, mungkin kita berfikir apakah sudah tidak ada lagi orang baik dan jujur di dunia ini. Apakah kejujuran itu hanya sebatas kata bijak yang sering dikumandangkan di sekolah dan para ustadz namun seperti tidak ada aplikasinya dalam kehidupan. Coba kita perhatikan berita dunia, perseteruan antara Barat dengan timur, USA sedang gencar menjalin permusuhan dan peperangan dengan negara-negara timur tengah. Belum lagi kondisi permusuhan intern dalam negeri kita, permusuhan etnis sering kali terjadi, tindak kriminal semakin banyak terjadi mulai dari pembunuhan, perampokan dan pemerkosaan. Para pemimpin kita baik itu di eksekutif, legislatif maupun yudikatif semakin tidak jelas arah kepemimpinannya. Mereka seolah semakin beringas dan terang-terangan merampok uang rakyat, menyengsarakan rakyat seolah menjadi sebuah keniscayaan. Keadilan hanya untuk orang berkantong tebal, orang miskin yang selalu menjadi korban...Zaman semakin gila...

Ibarat sebuah batu permata, kebaikan dan kejujuran itu menjadi sebuah barang yang sangat langka dan karena kelangkaannya itu otomatis harganya pun pasti akan tinggi. Walaupun permata itu berada di lumpur kotor kilau sinarnya akan tetap memancar menarik perhatian. Karena itu untuk orang-orang baik dan jujur tetap lah istiqomah di jalan itu.Yakin dan percayalah orang baik dan jujur itu pasti akan banyak dicari orang. Seorang pembohong besar saja tidak suka kalau dia dibohongi, seorang pengusaha korup juga pasti ingin punya anak buah yang jujur.

Kita mungkin sudah tidak bisa merubah generasi kekerasan dan korup yang terjadi saat ini tapi kita pasti bisa melakukan perubahan kepada generasi berikutnya. Mulai sekarang mari kita jaga dan ajarkan nilai dan perilaku baik serta jujur kepada anak dan generasi penerus kita. Lakukan perubahan demi anak cucu kita nanti....Tetap Semangat Selalu (TSS).

6 komentar:

  1. Balasan
    1. Betul! tak akan ada kepercayaan jika tidak ada kejujuran.

      Hapus
  2. nice :)
    saya senang mengikuti postingan anda
    postingan yang menarik .

    salam kenal yya dan sempatkan mampir ke
    website kami.

    BalasHapus
  3. i love ur post, keep share^^
    mampir balik ke website kami yaa...
    berbagi pada sesama dengan mengunjungi http://hapeduli.hajarabis.com/

    BalasHapus
  4. orang jujur sekarang itu jarang ya gan :D

    BalasHapus
  5. jujur itu mahal jaman sekarang :D

    BalasHapus